Hati-hati Tertipu! Ini Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal

pinjaman online ilegal

Pinjaman online saat ini sedang mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Kenapa? Karena ada banyak sekali pinjol ilegal yang sangat merugikan masyarakat. Bahkan baru-baru ini polisi telah berhasil menghentikan satu pinjaman online di kawasan Jakarta Barat. Meski begitu, masih banyak sekali masyarakat yang merasa tertipu dengan adanya pinjol-pinjol ilegal yang semakin menjamur. 

Dengan banyaknya kasus pinjol ilegal yang semakin mengkhawatirkan, Anda pun juga sebaiknya hati-hati. Agar terhindari dari oknum pinjol tidak bertanggung jawab, maka Anda harus tahu apa saja ciri-ciri dari pinjaman online illegal. 

Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal yang Wajib Anda Ketahui 

Secara garis besar, pinjaman online illegal adalah mereka yang tidak masuk di dalam daftar OJK. Sehingga cara kerjanya pun tidak sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Karena tidak mengikuti peraturan dari pemerintah, maka berikut ini adalah ciri-ciri dari pinjol illegal: 

  1. Menawarkan lewat SMS dan memaksa 

Kebanyakan pinjol illegal ini menawarkan layanan pinjaman melalui SMS dan jika diperhatikan kalimat yang digunakan terkesan memaksa. Anda pasti pernah menerima SMS dari nomor tidak dikenal yang berkedok koperasi. Jika menerima pesan singkat tersebut, lebih baik abaikan. Karena jelas itu adalah pinjaman illegal. 

Pinjol resmi yang mempunyai website resmi dan dalam penawaran tidak agresif. Bandingkan saja dengan pinjaman online ilegal yang tidak mempunyai website dan SMS yang dikirimkan pun menggunakan nomor yang berbeda-beda. Kebanyakan juga mereka tidak menyertakan nama perusahaan. Jika menyertakan nama pun tetap tidak bisa ditemukan. 

  1. Pengajuan syaratnya sangat mudah atau bahkan tidak ada

Ciri selanjutnya adalah dari syarat yang mereka terapkan. Kebanyakan pinjaman online tidak resmi tidak menetapkan syarat yang sulit. Selama debitur mempunyai rekening dan nomor ponsel aktif, maka mereka pun akan memberikan pinjaman. Tentu saja nomor ponsel ini akan digunakan untuk diteror jika Anda tidak membayar tepat waktu. 

Sedangkan untuk pinjaman online yang sudah resmi, biasanya membutuhkan persyaratan seperti KTP dan NPWP. Selain itu, pengajuannya pun tidak hanya melalui SMS. Seluruh pengajuannya akan dilakukan di aplikasi resmi. Bahkan riwayat kredit Anda juga akan dicek oleh pinjol resmi. Tidak seperti pinjaman online ilegal yang pengajuan mudah dan tanpa pengecekan. 

  1. Adanya biaya admin yang besar 

Pinjaman online yang illegal sering kali meminta biaya admin yang sangat besar. Semisalnya Anda ingin meminjam dana sekitar 1 juta rupiah, maka yang akan didapatkan hanya 800 ribu rupiah. 200 ribu rupiah sisanya akan dijadikan alasan untuk biaya administrasi. Aturan yang mereka buat ini sudah tidak bisa di protes, karena begitu pengajuan berhasil uang pinjaman yang ditransfer yang hanya segitu saja. 

Bila dibandingkan dengan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, maka sudah jelas tidak akan potongan awal pinjaman. Biasanya mereka menetapkan biaya admin pada saat pembayaran pinjaman. Selain itu, besarannya pun tidaklah terlalu tinggi. Sehingga debitur tidak akan terberatkan dengan biaya admin. 

  1. Tidak ada penjelasan besaran bunga 

Selanjutnya, jika Anda memperhatikan SMS pinjol yang pernah didapatkan, maka akan terlihat tidak ada keterangan berapa bunga yang ditetapkan. Bunga pinjaman online illegal sangatlah tinggi bahkan hingga tidak terbatas. Kebanyakan bunga yang ditetapkan bisa mencapai 100% dengan masa waktu 90 hari. 

Perlu Anda ketahui bahwa besaran bunga di pinjaman online yang ditetapkan maksimal adalah 0,8% dan dalam sebulan maksimal 24%. Bila Anda menemukan penawaran pinjaman tanpa ada keterangan bunga atau terlalu tinggi dari yang sudah ditetapkan, maka lebih baik segera hindari dan jangan ditanggapi. 

Dengan memahami ciri-ciri di atas, maka Anda bisa terhindar dari pinjaman online illegal yang menyesatkan. Karena sekali Anda sudah masuk dalam lubang pinjaman online, maka tidak akan bisa lepas dan membuat Anda akan semakin terjerat hutang yang tiada habis. 

Ciri Pinjaman Online Resmi 

Agar Anda bisa terhindar pinjaman online tidak resmi, maka Anda juga harus mengetahui ciri dari pinjaman online legal. Berikut ini adalah ciri-cirinya: 

  1. Terdaftar di OJK 

Ciri paling pertama dari pinjaman resmi sudah pasti sudah terdaftar di OJK. Untuk mengecek apakah pinjaman online benar-benar sudah resmi, maka bisa membuka website dari OJK. Di sana akan terdapat menu yang berisikan daftar pinjaman online yang sudah terdaftar. 

  1. Adanya simulasi pembayaran pinjaman 

Setiap pinjaman online legal, biasanya mempunyai kalkulator pinjaman. Kalkulator ini biasanya akan menunjukan berapa besaran pembayaran pinjaman saat jatuh tempo. Adanya simulasi pembayaran ini akan membantu debitur untuk bisa menyiapkan dana untuk membayar atau mengetahui kemampuan diri sendiri dalam melunasi pinjaman hutang. 

Apabila Anda menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pinjaman online legal, Anda bisa melaporkan ke OJK baik melalui website atau telepon. Tapi, jika Anda terjerat pinjaman online illegal, maka ada kemungkinan OJK tidak akan bisa membantu Anda sama sekali. Maka, dari pada itu Anda benar-benar harus berhati-hati dalam memilih pinjaman online.