Bank-bank Digital yang Kini Eksis di Indonesia

bank digital

Sampai saat ini masyarakat kita masih menggunakan bank konvensional untuk menabung dan melakukan segala transaksi keuangan. Memang uang Anda akan lebih aman jika disimpan di bank, karena pihak bank sendiri telah menjamin hal tersebut. Di Indonesia, ada lebih dari 5 bank konvensional yang terkenal dan dipercaya baik swasta maupun milik pemerintah seperti Bank BCA, Mandiri, BRI, BTPN, Cimb Niaga, Danamon, BNI, dan lain-lain.

Namun, di era perkembangan teknologi canggih seperti sekarang, muncul layanan perbankan baru yang dikenal dengan istilah bank digital.  Apa itu bank digital? Berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan, bank digital adalah suatu layanan perbankan elektronik yang dibuat untuk bisa memaksimalkan pelayanan terhadap nasabah secara lebih mudah, cepat, dan sesuai kebutuhan dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, dan juga bisa dilakukan secara sendiri oleh nasabah selama terhubung dengan internet.

Anda mungkin familiar atau sering menggunakan fitur internet bank dan mobile banking. Nah, kedua fitur tersebut tidak bisa disamakan dengan bank digital karena masih ada beberapa batasan penggunaan layanan. Misalnya hanya dapat digunakan untuk transfer uang, deposito, pembayaran, sedangkan sisanya harus tetap dilakukan di kantor cabang bank terdekat. Berbeda dengan bank digital yang mampu memberikan seluruh layanan bank offline secara online.

Berikut ini beberapa keunggulan Bank Digital yang membuat kalangan milenial antusias menggunakanya:

  • Bebas biaya transfer
  • Bunga lebih besar
  • Layanan lebih lengkap dan mudah digunakan
  • Hemat waktu dan tenaga
  • Menyediakan banyak rewards dan promosi kepada nasabah

Bagaimana, apakah sekarang Anda mau buka rekening bank digital tapi masih bingung dengan pilihannya? Tenang saja, Anda dapat menyimak dan mencoba salah satu dari bank-bank digital yang kini eksis di Indonesia berikut ini.

1. Senyumku

PT Bank Amar Indonesia sebelumnya telah merilis fintech bernama Tunaiku, dan sekarang perusahaan ini juga mengeluarkan produk bank digital dengan menggandeng Google Cloud. Bank digital dari Amar Bank dinamakan dengan Senyumku, diketahui memiliki teknologi yang berada di jalur transformasi digital untuk menghadirkan layanan keuangan lebih maksimal sesuai kebutuhan nasabah.  

Senyumku memiliki artificial intelligence untuk mengetahui kesehatan keuangan nasabah dan menawarkan cara mudah mengelola keuangan tersebut dengan memberitahukan pola pemasukan dan pengeluaran. Bank digital ini juga punya fitur yang bisa mendorong nasabah untuk membangun kebiasaan menabung. Untuk masalah keamanan, pihak developer sendiri sudah menggunakan standar kelas dunia yang bisa menjamin semua produk dan jasa dalam bank digital tersebut aman digunakan.

2. Bank Jago

Beberapa waktu lalu senter diberikan tentang layanan bank digital dari Bank Jago telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan ternama seperti Gojek Grup dan Bibit. Bank digital ini semula bernama Bank Artos Indonesia yang merupakan salah satu lembaga keuangan terbaik di tanah air. Untuk fitur unggulannya, Bank Jago punya fitur tabungan bersama yang memungkinan pengguna patungan dengan teman atau keluarga dalam menabung.

Fitur lainnya yang bisa digunakan adalah fitur transaksi berupa tagihan dan transfer rutin otomatis. Bank Jago juga menjamin uang nasabahnya aman karena menggunakan teknologi canggih yang bisa melindungi keamanan transaksi. Hal ini dibuktikan dengan izin operasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak hanya itu saja, untuk nasabah yang sering top up ke berbagai jenis e-wallet bisa dilakukan melalui Bank Jago.

3. Jenius by BTPN

Jenius dari bank BTPN telah membantu banyak orang dalam melakukan transaksi keuangan seperti jual beli, menabung, hingga transfer. Aplikasi ini aman untuk digunakan karena sudah terdaftar dan berizin OJK. Pengguna dapat memanfaatkan fitur bank digital ini untuk menabung dan berbagai aktivitas terkait keuangan lainnya secara online. Selain tabungan biasa, pengguna juga ditawarkan layanan top up e-wallet seperti Gopay, Linkaja, Dana, hingga Ovo. Anda dapat menjadi nasabah Jenius By BTPN dengan mudah, kapan saja dan dimana saja.

4. Digibank by Bank DBS Indonesia

Merupakan bank digital milik perusahaan Bank DBS Indonesia yang sampai saat ini telah didownload lebih dari satu juta pengguna. Keamanan yang dirancang tidak main-main, Digibank memberikan pengamanan ekstra demi menjaga kelancaran transaksi nasabah. Saking canggihnya, nasabah akan dimudahkan dalam proses verifikasi data. Kecanggihan teknologi yang diterapkan Digibank by bank DBS Indonesia tidak kalah hebat dari milik Jenius.

5. Blu by BCA Digital

Bank digital ini adalah anak perusahaan dari BCA Grup yang telah menarik perhatian generasi muda karena memiliki tampilan antar muka yang mudah dipahami. Semua produk yang ditawarkannya juga cocok untuk generasi sekarang, apalagi hadir dengan desain keren. Blu by BCA digital dapat mempermudah segala transaksi tanpa khawatir keamanan. Misalnya saat nasabah ingin melakukan pembayaran tanpa uang tunai atau kartu ATM sangat bisa diproses.

Nah, itu dia daftar bank digital yang kini eksis di Indonesia. Kira-kira Anda ingin buka rekening tabungan di bank mana ya?