Presiden Jokowi Melonggarkan Aturan Tarawih di Masjid


Saat ini pemerintah sudah mulai melakukan pelonggaran untuk Ramadhan tahun 2022. Umat muslim sekarang telah diperbolehkan untuk melakukan shalat tarawih berjamaah di mushola atau masjid. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Presiden Jokowi. Beliau menyampaikan jika keadaan pandemi Covid-19 sekarang telah mulai membaik. 

“Tahun ini seluruh umat Islam bisa kembali menjalani ibadah sholat tarawih secara berjamaah di masjid, namun tetap menerapkan prokes,” ungkap Jokowi pada per yang disiarkan pada YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/22). 

Adanya pelonggaran ini menjadi sebuah kabar bahagia untuk masyarakat khususnya umat Islam. Karena di tahun ini ada beberapa aturan yang wajib diikuti oleh umat Islam guna menjalani shalat tarawih secara berjamaah di mushola atau masjid. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemerintah membuat beberapa peraturan untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah di mushola dan juga masjid. Peraturan tersebut seperti menjalani protokol kesehatan dengan ketat, durasi sholat tarawih harus dibuat secara singkat, dan jamaah yang ingin sholat tarawih wajib berasal dari daerah terdekat saja. 

Tidak hanya sholat tarawih, ada pula kebijakan lain yang dilonggarkan oleh pemerintah yaitu terkait dengan mudik. 

Jokowi mengumumkan jika pemerintah memberikan izin kepada masyarakat yang ingin mudik lebaran 2022. Namun, masyarakat yang ingin mudik wajib memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Jokowi juga mengungkapkan jika peraturannya hanya masyarakat wajib melakukan vaksin penuh termasuk dengan booster atau vaksin ketiga. Tidak boleh dilewatkan juga masyarakat wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat melakukan perjalanan mudiknya. 

“Masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran juga dipersilahkan, diperbolehkan dengan syaratnya telah memperoleh vaksin dua kali dan juga ketiga atau booster serta tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya. 

Sesudah Anda mengetahui peraturan mudik dari pemerintah, maka ada baiknya Anda simak tips mudik di masa pandemi yang aman dan nyaman berikut ini. 

Tips Mudik saat Pandemi yang Aman 

Sesudah dua tahun pemerintah melarang mudik lebaran karena pandemi Covid-19, sekarang umat muslim yang ingin pulang kampung dapat bernapas lega karena pemerintah telah memberikan izin. Nah, untuk Anda yang ingin mudik di masa pandemi ini, ada baiknya ketahui beberapa hal berikut agar mudik aman dan nyaman. 

1. Patuhi aturan pemerintah

Tips mudik pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin mudik lebaran yaitu pahami dengan benar aturan mudik yang telah ditentukan oleh pemerintah. Pada keadaan pandemi seperti sekarang, masyarakat dituntut untuk mematuhi seluruh peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, masyarakat perlu memahami kebijakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN dan panduan prokes untuk hari Raya Idul Fitri tahun ini. Berikut sejumlah persyaratan yang wajib Anda penuhi.  

  • ​​Sudah menempatkan vaksin lengkap termasuk dengan vaksin Booster.
  • Selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat kamu punya itu dengan menjaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan.
  • Apabila Anda merupakan PPLN yang ingin mudik ke tanah air, tidak melakukan Karantina sudah tiba di bandara. Adanya lagi melakukan tes PCR. Apabila hasilnya negatif, maka Anda bisa langsung beraktivitas, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Tetapi, bila kedapatan hasil positif, maka Satgas Covid-19 langsung menindaklanjutinya. 

2. Gunakan transportasi yang mempermudah urusan dan keperluan Anda

Tips selanjutnya yaitu gunakanlah transportasi yang tepat. Anda tentunya mempunyai urusan dan keperluan yang berbeda beda. Apabila anda salah memilih transportasi, pastinya aktivitas mudik ini menjadi sangat ribet

Misalnya, Anda ingin membawa banyak orang ketika mudik. Orang tersebut terdiri dari anak anak, perempuan hamil atau menyusui dan juga lansia. Dengan keadaan penumpang itu, maka Pilihlah mobil pribadi sebagai transportasi Anda. Apabila tidak memiliki mobil, anda bisa menyewa mobil.

3. Cek fungsi kendaraan

Untuk Anda ingin pergi dengan kendaraan pribadi, ada baiknya anda mengecek peluru fungsi dari kendaraan. Apakah masih bagus atau tidak? Jika tidak, maka Anda dapat membawanya ke bengkel untuk melakukan servis. Karena pastinya Anda tidak akan mudik untuk jarak yang dekat bukan?

Oleh sebab itu, lakukanlah servis terlebih dahulu untuk mengetahui kesehatan dari kendaraan Anda menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

4. Cek peraturan perjalanan udara

Jika Anda ingin mudik menggunakan pesawat, ia wajib warisan seluruh persyaratan dan juga informasi perjalanan saat ini terkait penerbangan luar negeri maupun domestic. Hal tersebut wajib Anda lakukan agar sesampainya di Bandara, Anda tidak perlu pusing lagi untuk mengurus dokumen yang dibutuhkan saat ingin mudik menggunakan pesawat.

Hal tersebut dilakukan agar saat hari-H nya Anda tidak kehabisan waktu untuk mengurus persyaratan itu yang akan menghabiskan waktu. Buruknya lagi jika Anda ditinggal pesawat karena persyaratan yang belum lengkap.

Demikianlah, pembahasan mengenai pelanggaran mudik lebaran dan beberapa tips mudik lebaran yang perlu Anda ketahui. Semoga mudik lebaran Anda aman dan selamat berkumpul dengan keluarga tercinta.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *