Daftar Produk Lokal yang Tembus ke Pasar Ekspor


Produk lokal di Indonesia sangat beragam jenis dan bentuknya. Hal tersebut didasarkan pada sumber daya yang dimiliki oleh Indonesia. Kualitas yang berdaya saing bukan hanya di tingkat nasional, melainkan banyak yang telah tembus pasar global/internasional.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, patutnya kita semua dapat mendukung dan aktif mengkampanyekan ajakan-ajakan pemerintah dan juga para pelaku usaha produk lokal untuk bangga memakai produk dalam negeri.

Ketahui Brand Lokal Yang Tembus Pasar Global

Sebagai bentuk dukungan dan upaya pelestarian, selayaknya kamu dapat mengetahui banyak brand lokal untuk bisa berpartisipasi aktif menggunakan label-label lokal tersebut. Selain daripada itu, mengetahui daftar produk lokal apalagi yang telah tembus pasar internasional, bisa kamu ambil sebagai inspirasi.

Untuk mengetahui daftar produk lokal apa saja yang telah tembus pasar ekspor, untuk menginspirasi kamu sebagai the next-nya, simak penjelasan dalam artikel dibawah ini.

1.   Donat J.Co

Siapa sangka bahaw J.Co Donuts merupakan brand asli atau lokal Indonesia. Pasti banyak mengira bahwa brand donat terkenal ini berasal dari luar yang justru masuk menguasai pasar penjualan donat di Indonesia. Usaha ini di rintis oleh Johnny Andrean sejak tahun 2005 lalu, dan pertama kali dibuka di Supermall Karawaci, Tangerang, Banten. Usaha J.Co Donuts saat ini telah mendomenasi pasar lokal Indonesia dan terus melebarkan sayapnya menuju pasar ekspor di beberapa negara sepeti China, Malaysia, Arab Saudi, dan Singapura. Hingga saat ini brand ini telah memiliki hampir 300 gerai yang tersebar di Indonesia dan luar negeri.

2.   Batik

Siapa yang tidak kenal dengan batik? Sempat akan di klaim oleh negara tetangga, tentu hal tersebut menjadi tamparan besar bagi kita sebagai generasi penerus bangsa. Perlu ditanamkan kembali pemahaman dan kesadaran bahwa salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia adalah “Batik”. Kain yang dilukis cantik dengan beragam motif bersama dengan nilai filosofis nya membuat banyak orang di seluruh penjuru dunia terkagum. Dengan keberagaman dan kondisi geografis Indonesia yang luas menjadikan Batik juga kaya dengan motif.

Proses pembuatan yang masih sangat tradisional dan masih dipertahankan hingga saat ini yaitu, sebuah kain yang dilukis menggunakan canting bersama dengan lelehan lilin panas untuk melukis pola/motif. Sesuai dengan proses pembuatannya, batik ini dikenal dengan istilah “Batik Tulis”, karena proses pembuatannya yang masih tradisional, memerlukan teknik khusus, kesabaran, dan waktu pengerjaan yang cukup lama membuat harga jualnya cukup mahal. Nilai ini lah yang membuat pasar internasional mengakui kualitasnya. Oleh karena itu, lestarikan budaya bangsa dengan menjadi pengusaha batik tradisional. 

3.   Indomie

Makanan andalan anak kos saat akhir bulan adalah mie instan. Salah satu brand ternama yang dimiliki Indonesia dan telah diekspor ke banyak negara di belahan dunia adalah Indomie dari PT. Indofood. Bagi para kaum mahasiswi cita rasa dan variannya yang beragam tidak membuat bosan lidah penikmatnya, melainkan terus merasa rindu dan membuat candu. Merk ini telah banyak di ekspor keberbagai belahan dunia seperti Eropa, Amerika, Hampir seluruh daratan Asia, dan masih banyak lainya. Cita rasanya yang khas membuat Indomie selalu di cari di supermarket luar negeri, baik oleh WNA maupun WNI yang tinggal disana. 

4.   Tolak Angin

Tolak Angin merupakan sebuah brand terkenal yang menggeluti usaha ramuan herbal tradisional yang biasa kita kenal dengan sebutan jamu. Selain Batik, jamu juga menjadi salah satu budaya peninggalan nenek moyang di tanah nusantara. Proses pembuatan dan khasiatnya untuk tubuh masih menjadi primadona oleh banyak orang. Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang ada jamu ini telah dikemas dalam bentuk sachet atau instan, salah satunya adalah Tolak Angin dari PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Perusahaan ini telah berdiri sejak 1940 dan dipercaya sebagai perusahaan penyedia produk jamu untuk pasar Indonesia dan Internasional. 

5.   Kapal Api

Kekayaan Indonesia mulai dari alam hingga budaya. Salah satunya adalah kopi. Persebaran kopi di nusantara cukup luas. Kopi-kopi lokal saat ini marak dilakukan dan dikenalkan kepada pasar baik lokal maupun internasional. Salah satu brand Kapal Api yang cukup terkenal dari sejak lama adalah Kapal Api. Berdiri sejak tahun 1927, hingga saat ini Kapal Api terus melebarkan sayap usahanya hingga ke pasar ekspor setelah hampir dari 50% pasar tanah air dikuasainya.

Peluang bisnis kopi ini sangat besar dan potensial untuk pasar tanah air hingga internasional. Hal tersebut terlihat dari budaya atau kebiasaan masyarakat untuk mengkonsumsi kopi, terlebih maraknya pertumbuhan usaha café di dunia.

Itulah beberapa brand lokal terkenal yang telah merambah ke pasar ekspor, apakah kamu tertarik menggeluti salah satu dari usaha tersebut? Semangat mencoba!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *