Berbagai Peluang Ekonomi Bisa Hilang Karena Krisis Iklim


Krisis iklim sepertinya memang harus jadi salah satu perhatian tidak hanya satu negara, tapi juga seluruh dunia. Sekarang ini kita sudah merasakan tanda-tanda terjadinya perubahan iklim yang jelas memberikan dampak dalam berbagai sektor. Salah satunya adalah pada sektor ekonomi yang nyatanya bisa mendapatkan efek buruk. 

Krisis iklim yang semakin hari semakin terlihat nyata sudah memberikan dampak berkepanjangan yang cukup buruk. Mungkin kamu masih tidak menyadari, jika peristiwa krisis iklim ini mampu menutup beberapa peluang ekonomi. Dimana tentu saja harus menjadi perhatian lebih dari seluruh lapisan. 

Peluang Ekonomi yang Akan Hilang Karena Krisis Iklim 

Ya, masih banyak orang yang tidak menyadari bagaimana krisis iklim tidak hanya akan berdampak pada banyak sektor, tidak hanya pada lingkungan secara garis besar. Tapi, juga pada kebutuhan ekonomi dunia. Banyak ahli yang sudah memperkirakan akan peluang ekonomi yang hilang bila krisis iklim ini terus terjadi. Berikut ini adalah peluang ekonomi yang akan hilang: 

Sektor pembangunan 

Kamu pasti sudah menyadari bagaimana krisis iklim ini memberikan banyak dampak terhadap naiknya air laut. Dimana hal ini disebabkan mencairnya gunung-gunung es yang ada di sekitar benua kutub utara dan selatan. Lalu, apa akibatnya ketika air laut naik? Sudah jelas akan ada banyak daratan yang menghilang. 

Hal ini sendiri sudah banyak dialami oleh beberapa negara kepulauan kecil yang terpaksa harus meninggalkan daratan tempat mereka tinggal karena memang air laut sudah tidak bisa dibendung lagi. Akibatnya pembangunan pun menjadi terhambat dan terjadi kerugian dari sektor ini. Bahkan Indonesia bisa mendapatkan dampak yang lebih besar, dengan banyaknya pulau yang kita miliki. 

Sektor pangan 

Tentu saja, sektor pangan yang akan mendapatkan dampak paling besar akibat dari iklim yang berubah. Ketika iklim sudah berubah, maka sudah pasti cuaca akan menjadi tidak menentu. Hasilnya pun bisa terjadi gagal panen besar-besaran bagi para petani. Hal ini akan berdampak pada jumlah pangan yang dimiliki satu negara. 

Jika gagal panen ini meluas, sudah pasti tidak akan ada krisis pangan yang terjadi. Ekonomi negara pun bisa melemah karena harus menanggung kebutuhan pangan para rakyatnya. Maka daripada itu, krisis alam ini sendiri tidak bisa kita anggap remeh. Karena bukan hanya dari negara yang akan merugi, tapi rakyat akan menjadi semakin menderita. 

Pemulihan akibat bencana 

Peluang ekonomi selanjutnya yang juga akan hilang karena terjadi krisis iklim adalah pemulihan akibat bencana. Iklim sangat mempengaruhi banyak bencana yang terjadi, mulai dari kekeringan hingga banjir bandang. Jika ini terjadi, sudah pasti akan ada kerusakan yang dialami daerah yang terdampak. 

Akibatnya sudah jelas negara harus mengeluarkan dana lebih untuk melakukan pemulihan kerusakan yang disebabkan bencana. Tentu saja, kerugian akan menjadi sangat besar bila bencana yang terjadi cukup besar. Contohnya saja seperti kebakaran hutan yang jelas akan memberikan dampak yang lebih buruk lagi. 

Kesejahteraan suatu negara dipertaruhkan 

Peluang ekonomi selanjutnya yang juga tidak boleh dianggap remeh adalah dari kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara bisa dipertaruhkan. Hal ini karena ekonomi yang seharusnya bisa diputar untuk pendapatan negara, malah dipergunakan untuk membiayai kebutuhan dadakan rakyat. 

Kesejahteraan pun jadi bagian yang perlu diperhatikan dan tidak boleh dianggap sepele. Karena mau bagaimanapun rakyat harus tetap dalam keadaan yang sehat dan bisa hidup dengan nyaman. Tapi, adanya krisis iklim ini banyak hal yang nantinya akan dipertaruhkan dan tentu saja tidak sedikit. 

PDB Dunia Ambruk 

Produk Domestik Bruto dunia pun bisa ambruk karena krisis iklim ini. Dari berbagai bencana yang kemungkinan akan terjadi pun akan menyebabkan banyak pengeluaran besar dengan pendapatan yang jelas berkurang. Bencana yang sangat merugikan adalah dari banjir, kekeringan, badai dan masih banyak lagi. 

Hal ini tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dipulihkan. Jika terjadi bersamaan, sudah pasti tidak akan ada banyak yang bisa dilakukan. Selama ini negara-negara di dunia saling bahu membahu untuk bisa menciptakan ruang yang cukup untuk seluruh masyarakat. Tapi, tentu saja ini akan menjadi sulit saat krisis iklim benar-benar terjadi. 

Itulah beberapa peluang ekonomi yang jelas akan hilang karena krisis iklim. Bisa dikatakan peristiwa ini pun akan menyebabkan banyak kerusakan baik alam dan tatanan sosial. Ada banyak hal buruk yang perlu dilakukan pencegahan dari sekarang. Bila tidak, sudah pasti masyarakat dunia yang akan dirugikan. 

Maka daripada itu, ada banyak sekali program yang telah dibuat oleh negara-negara, termasuk Indonesia dalam mengurangi efek dari krisis iklim ini. Walaupun tidak bisa dihindari 100%, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dicegah dan tetap membuat kehidupan di bumi berjalan dengan baik. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *